Cara Melakukan Squat dengan Benar untuk Memperkuat Kaki

Ketika berbicara soal apapun yang ada hubungannya dengan olahraga, cara melakukan squat itu akan menjadi pembahasan. Sekarang, variasi squat juga sudah semakin banyak, dan para penggemar olahraga bisa melakukan ini di fitness, maupun ketika berada di rumah saja.

Squat, salah satu olahraga yang paling penting untuk pembentukan otot tubuh bagian bawah. Ini adalah seperti gerakan menurunkan badan, dan membuat kaki sepenuhnya menopang beban tubuh. Alasan banyak yang melakukan olahraga ini adalah bisa dilakukan tanpa alat.

Selain itu, gerakan yang simpel, tetapi efeknya yang fokus pada otot bokong dan kaki ini akan membuat gerakan tubuh menjadi lebih stabil. Penempatan posisi menjadi yang cukup penting ketika ingin melakukan squat, terkhusus ketika tidak ingin merasakan sakit setelah squat.

Baca Juga : Tips Bermain Game e-sport Dota 2 dengan Mudah

Bagi yang masih sering merasakan sakit setelah squat, ini berarti ada kesalahan. Penempatan kaki hingga posisi badan selalu memegang faktor kunci dan krusial untuk gerakan squat. Maka dari itu, kami akan jelaskan sedikit mengenai cara melakukan gerakan squat yang tepat.

Ini Cara Melakukan Squat dengan Benar

Cara Melakukan Squat

Pertama, kami akan mencoba dulu memperbaiki postur tubuh ketika melakukan gerakan squat. Karena kalau dari posisi saja sudah tidak benar, maka nantinya hasilnya juga tidak akan maksimal. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukan gerakan squat dengan benar, yaitu:

1. Berdiri dengan kaki yang dibuka selebar baru
2. Posisi kaki harus berjarak satu sama lain untuk bisa melakukan gerakan melompat secara vertikal
3. Bebankan area paha agar menjauh satu sama lain saat menurunkan area pinggul ke bawah, sehingga terlihat sejajar nantinya ketika turun paralel
4. Pastikan distribusi beban ke 2 kaki, dan dorong ke atas
5. Ketika gerakan sedikit melompat ini, posisikan bagian kaki agar tetap stabil
6. Jangan biarkan bagian lutut menghadap satu sama lain, tetapi tetap ke arah depan
7. Itu baru satu kali, dan lakukan sebanyak 10 kali, serta diulang sebanyak 3 kali lagi nantinya

Variasi Cara Melakukan Squat untuk Memperkuat Bagian Kaki

Sekarang, kamu sudah bisa melakukan gerakan squat dengan benar. Apalagi kalau sudah bisa melakukan 3 x 10 reps itu dengan rutin tanpa merasakan beban yang berarti. Ini menjadi tanda kalau kamu sudah bisa melakukan gerakan squat dengan benar, dan lihat efeknya.

Tetapi lama kelamaan, gerakan yang sama setiap harinya juga akan membuat bosan. Ini bisa menjadi alasan banyak yang menemukan variasi untuk gerakan squat, dan bisa memberikan hasil yang lebih baik juga nantinya. Terbukti dengan cara melakukan squat versi yang lain.

Contohnya saja ada Goblet Squat, dimana gerakan ini menggunakan tambahan beban seperti dumbell ketika melakukan gerakan squat. Area torso dan paha bagian bawah akan semakin terbentuk ototnya, tetapi bagi yang belum terbiasa, pasti akan merasa sangat lelah.

Ada juga Split Squats yang secara umum, gerakan ini mirip dengan lunges. Cara melakukan squat versi satu ini tetap membutuhkan posisi stabil dan kokoh, tetapi nantinya satu kaki akan mengarah ke depan, sementara satunya lagi ke belakang.

Tetapi kalau mau versi squat yang lebih simpel, ada squat tanpa melompat. Artinya, kamu hanya perlu melakukan gerakan naik turunkan area paha dengan posisi tubuh tegap tanpa harus menggunakan kekuatan lebih untuk membuat lompatan vertikal.

Squat adalah gerakan yang sangat penting untuk pembentukan otot bagian bawah tubuh. Dengan melakukannya secara berulang, efek yang dapat dirasakan akan besar. Tetapi yang harus diketahui dulu adalah mengenai cara melakukan squat yang benar dan tepat.