Cara Menjadi Pemain E-Sport Profesional dan Menjanjikan

Cara menjadi pemain E-Sport profesional harus dilakukan sesuai dengan step by step. Tidak hanya bermodalkan, pandai bermain game saja. Namun, kamu harus bisa menguasai lebih banyak hal terkait game.

Hal ini jugalah tidak lepas dari pertumbuhan E-Sport di seluruh dunia dalam beberapa tahun yang terakhir. Apalagi, para pemainnya, yang dahulu hanya dikenal sebagai “gamer”, namun saat ini dikenal dengan istilah “atlet”.

6 Cara Menjadi Pemain E-Sport Profesional

Memang sudah tidak diragukan lagi, E-Sport sangat layak disebut sebagai salah satu profesi paling menjanjikan untuk saat ini. Bayangkan saja, gaji pemain E-Sport yang berpengalaman di Indonesia saja bisa sampai mendapatkan ratusan juta rupiah per bulan.

pemain E-Sport profesional

Namun, agar mencapai level tersebut tentunya kamu harus memiliki bekal yang mumpuni. Adapun menjadi atlet E-Sport jika kamu ingin bergabung adalah sebagai berikut.

1. Pakai Perangkat yang Memadai

Jika niat kamu ingin menjadi atlet profesional, maka harus mengejarnya. Salah satunya dengan mempersiapkan perangkat yang sudah memadai. Oleh karena itu, investasikan uangmu untuk membeli ponsel gaming.

Hal ini karena, jika ingin menjadi pemain E-Sport profesional kebutuhanmu bukan hanya main game. Melainkan, para gamer profesional seringkali melakukan live streaming atau membuat konten.

Baca Juga : Fakta Unik Cillian Murphy, Pemeran Utama Peaky Blinders

2. Fokus Terhadap Satu Genre Game

Sebagai atlet, tidak hanya jago memainkan banyak game. Namun, para profesional biasanya hanya fokus pada satu platform dan satu genre game. Jadi, alangkah baiknya pilih game yang paling cocok untukmu sekarang. Lihat juga apakah game tersebut akan dipertandingkan E-Sport atau tidak.

3. Mengatur Jadwal Latihan

Jika kamu memiliki cita-cita sebagai pemain E-Sport profesional, mulailah untuk membuat jadwal latihan yang teratur. Bedakan antara sekadar latihan dan bermain game.

Hal ini karena, ketika sudah menjadi profesional kamu harus pintar membagi waktu antara main game dengan aktivitas lain. Biasanya, tidak ada patokan untuk para pemain E-Sport karena rata-rata menghabiskan 7-9 jam latihan setiap hari.

4. Meningkatkan Statistik Permainan

Statistik personal game, sama seperti buku rapor karena seluruh data terkait performa kamu ada disini. Fungsi cek statistik setelah latihan, untuk melakukan perbaikan di kesempatan selanjutnya.

Hal ini akan membuatmu terbiasa selalu ingin menjadi lebih baik dari hari sebelumnya. Ini sangat penting apalagi jika kamu sudah menjadi seorang pemain E-Sport profesional profesional.

5. Menonton Konten Gamer Lain

Menonton konten game dari para streamer profesional sangatlah bermanfaat. Pilihlah beberapa channel yang sesuai dengan game kamu tekuni.

Dari sana pemain E-Sport profesional dapat belajar bagaimana cara bergerak, melakukan kerja sama tim, serta mengambil keputusan. Untuk jenis konten yang wajib kamu tonton antara lain live streaming, pertandingan, dan ulasan.

Selain YouTube, kamu bisa menggunakan Twitch sebagai platform untuk menyaksikan konten-konten game terbaik dari seluruh dunia. Apabila kamu ingin membuat channel sendiri, maka konten-konten tersebut bisa mereka menjadi referensi yang bagus.

6. Rajin Melakukan Riset Meta

Umumnya, Meta baru pada game akan mempengaruhi strategi dan taktik yang digunakan. Contohnya saja, PP ada season sebelumnya hero A sangat dominan dan memiliki statistik bagus.

Namun, meta akan berubah pada season berikutnya, di mana giliran hero B lebih merajai. Hal ini bisa saja terjadi hampir pada semua jenis game yang ada di E-Sport. Oleh karena itu, kamu harus memiliki kecerdasan untuk menganalisis game.

Memang profesi sebagai pemain E-Sport bukanlah pekerjaan yang mudah dan main-main. Perlu kamu ketahui, bawah membutuhkan yang namanya tanggung jawab, dedikasi, serta kemauan untuk belajar dan kerja keras agar bisa mencapainya.

Tidak mudah, dalam mencapai kancah profesional, meskipun kamu sudah melakukan cara menjadi pemain E-Sport profesional di atas. Namun, tetap persiapkan dirimu dari sekarang jika ini adalah cita-citamu.