Olahraga Saat Cedera Kaki Agar Tubuh Tetap Fit

Melakukan olahraga saat cedera kaki terkadang cukup merepotkan bagi banyak orang. Mungkin disebabkan karena sedang merasa kurang nyaman pada tubuh bagian bawah. Pastinya merepotkan apalagi jika termasuk gemar workout.

Munculnya cedera bisa membuat kamu merasa frustasi sehingga berhenti berolahraga. Tentu cukup buruk disebabkan tidak boleh berhenti bergerak. Tapi untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya bisa mengolah tubuh atas.

Seperti diketahui hal semacam ini telah dicoba oleh banyak bodybuilder. Termasuk para atlet yang mengalami cedera pada salah satu spot tubuh. Ternyata masih dapat mengolah otot sehingga terlatih dengan maksimal.

Olahraga Saat Cedera Kaki untuk Pemulihan Terbaik

Pemulihan merupakan hal yang harus dilakukan saat mengalami cedera pada bagian kaki. Baik berupa angkle atau lutut tetap dibutuhkan pemulihan tepat. Cara yang paling tepat pastinya dengan langkah seperti pemanasan.

Olaharga saat cedera kaki

Pada dasarnya olahraga saat cedera kaki memang tidak boleh dilakukan terlalu keras. Apalagi dengan langkah salah bisa menyebabkan hasil semakin parah. Termasuk dengan adanya nyeri maupun pendarahan buruk di dalamnya.

Pemanasan yang kamu lakukan disini sederhana karena hanya 10 menit. Kemudian bisa melanjutkan melakukan melakukan box squat sebanyak 8 kali. Hal ini perlu dilakukan secara repetisi supaya manfaatnya bisa dirasakan.

Selanjutnya olahraga saat cedera kaki lainnya dapat dilakukan menggunakan reverse lunge sebanyak 10 kali. Pastinya masih termasuk repetisi tapi perlu berhati-hati. Jangan terlalu memaksakan karena hanya secukupnya saja.

Seperti kita ketahui disini kalau bagian bawah sedang mengalami masalah. Tidak heran dibutuhkan latihan berbeda dibandingkan yang biasanya. Terlebih karena rasa nyeri perlu dihindari karena rasanya dapat menyiksa.

Kalau kamu memiliki dumbell di rumah, bisa menggunakan sebagai alat tepat. Terutama karena latihan bisa dilakukan dua kali dibanding sebelumnya. Pastinya kekuatan otot bagian atas semakin baik meskipun cedera.

Pada dasarnya setiap olahraga saat cedera kaki jangan sampai melibatkan bagian bawah. Jadi, disarankan untuk tetap duduk atau sambil tidur. Jangan lupa untuk meminimalisir sedikit mungkin pemakaian otot bawah.

Disarankan Dilakukan di Rumah dengan Intensitas Rendah

Perjalanan kamu untuk melakukan olahraga saat cedera kaki harus didasari oleh rasa hati-hati. Kalau sering pergi gym, diartikan perlu menghentikan dulu. Terlebih harus menggunakan kendaraan di mana cukup berisiko.

Inilah saatnya bagi kamu untuk hanya memilih olahraga di rumah sebagai pilihan. Apalagi dari manfaat beserta cara yang dilakukan sama seperti gym. Termasuk bermanfaat pada pemulihan maupun kesehatan bagian sakit.

Disini juga dapat memanfaatkan jenis olahraga seperti peregangan atau senam. Tujuannya supaya bisa tetap bergerak tetapi tidak perlu bergerak terlalu banyak. Disini keinginan untuk pulih harus menjadi pertimbangan utama.

Berhubungan dengan intensitas, banyak yang sering berkata wajib melakukan dua kali lipat dari set biasa. Hal ini disebabkan karena terdapat bagian sakit. Meski begitu jangan memaksa melainkan perhatikan kemampuan.

Umumnya untuk olahraga saat cedera kaki tidak akan dilakukan lebih dari satu jam. Terutama mempertimbangkan bagaimana kondisi sakit atau rasa nyeri. Intensitas ringan sudah mampu membantu kelancaran olahraga kamu.

Berbagai pilihan olahraga tersebut sudah terjamin tidak membuat cedera bertambah parah. Melainkan kesehatan kami semakin baik disebabkan melatih bagian lain. Belum lagi bagian tersebut semakin kuat dibanding sebelumnya.

Apalagi nantinya dapat mendorong hormon untuk membantu pemulihan pada tubuh yang mengalami kerusakan. Tapi tetap pastikan kalau workout yang dilakukan masih sederhana. Tujuannya supaya tidak terlalu berat bagi tubuhmu.

Selain itu, juga tidak ketinggalan pastikan agar mengobati kalau perlu memeriksa dokter. Tentunya bisa sambil berkonsultasi mengenai workout yang bisa dilakukan. Kemudian beragam olahraga cedera kaki tetap berhasil.