Site icon TV News

Olahraga untuk Meningkatkan Kecepatan dengan Efek Terbesar

Olahraga untuk meningkatkan kecepatan

Olahraga untuk meningkatkan kecepatan adalah hal yang teramat penting. Terlebih lagi untuk kamu yang ingin menjadi profesi sebagai atlet. Keberadaan kecepatan biasanya berpengaruh terhadap keberlangsungan karir.

Jika kecepatan yang dimiliki kurang, nantinya atlet tersebut akan tergusur oleh nama lain yang memiliki paket lebih komplit. Perlu diketahui, ada banyak cara yang dipercaya mampu meningkatkan kecepatan. Salah satunya tentu dengan obat.

Namun perlu diingat kalau obat hanya bersifat sementara. Terlebih lagi, efeknya yang instan bisa memberi dampak negatif pada tubuh. Cara termudah untuk mencapai kecepatan yang diinginkan adalah dengan olahraga.

Baca Juga : Dampak Positif E-sport Bagi Anak, Pro Player Sejak Dini

Namun ingat kalau olahraga yang dilakukan tidak boleh sembarangan. Diperlukan olahraga yang memang terbukti mampu meningkatkan kecepatan. Di luar sana, ada banyak orang yang mencoba meningkatkan kecepatan namun efeknya tidak maksimal karena salah pilih olahraga.

Daftar Olahraga untuk Meningkatkan Kecepatan

Jika kamu sedang mencari olahraga untuk tingkatkan kecepatan, ini adalah tempat yang sangat tepat. pada kesempatan kali ini akan diulas lebih lanjut mengenai beberapa olahraga yang sudah terbukti efektif.

Dengan banyaknya pilihan yang diberikan, kamu bisa memilih jenis olahraga yang dirasa cocok. Tetapi ingat, pastikan untuk rutin menjalankan olahraga tersebut. Jika aktivitasnya hanya dilakukan satu atau dua kali, efek yang didapat pasti tidak maksimal.

1. Strength Training

Untuk meningkatkan kecepatan lari, dibutuhkan tubuh yang kuat untuk menunjang kecepatan tersebut. Oleh karena itu, strength training bisa menjadi opsi terbaik. ketika olahraga untuk meningkatkan kecepatan ini dijalankan, ketahanan fisik akan meningkat.

Pernah ada penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 terkait hal ini. Ketika itu terbukti kalau mereka yang melakukan strength training memiliki kecepatan yang lebih baik dibanding orang lain. Pilihan latihannya sendiri seperti squat, voli, hingga berenang.

2. Sprint

Sprint bisa menjadi opsi olahraga selanjutnya yang bisa dipilih. Tentu ini adalah cara terbaik karena meningkatkan kecepatan bisa dilakukan dengan terus memacu diri untuk semakin cepat. Jika kamu terbiasa melakukan lari jarak jauh, cobalah kurangi kebiasaan tersebut.

Gantilah dengan kebiasaan berlari jarak pendek agar kecepatan menjadi bertambah. Pernah ada penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 untuk membuktikan hal ini. Hasilnya sendiri bisa dikatakan sangat positif.

Terbukti dengan jelas kalau berlatih sprint enam kali mampu meningkatkan kecepatan seseorang. Selain itu, ada juga efek positif lain yang terasa ketika melakukan olahraga ini. Efek positifnya seperti peningkatan kekuatan dan daya tahan tubuh.

3. Hill Training

Olahraga untuk meningkatkan kecepatan selanjutnya adalah hill training. Hill training dilakukan dengan berlari sambil menaiki bukit. Nantinya ada banyak manfaat yang didapat selain bertambahnya kecepatan.

Manfaat tersebut seperti pembakaran lemak dan meningkatnya kekuatan tubuh bagian bawah. Jika dilihat secara keseluruhan, jadwal latihannya sendiri terbilang sederhana. Kamu hanya perlu berlari cepat ketika menaiki bukit lalu melakukan pendinginan sambil turun.

Sebenarnya ada beberapa orang yang mencoba melakukan ini di treadmill. Hal tersebut sebenarnya tidak disarankan. Itu karena efek yang dirasakan mungkin saja berbeda.

4. Latihan Otot Perut

Banyak orang yang ingin meningkatkan kecepatan tanpa melatih otot perut. Hal tersebut merupakan kesalahan besar. Itu karena olahraga untuk meningkatkan kecepatan ini memiliki efek yang sangat besar.

Ketika seseorang melatih otot perutnya, kenyamanan saat berlari akan terasa. Itu karena otot perut merupakan dasar terbentuknya gerakan sehat. Nantinya olahraga yang bisa dilakukan seperti crunch dan plank.

Jangan pernah asal dalam berolahraga. Pastikan tekniknya dilakukan dengan benar agar kemungkinan buruk seperti cidera bisa dihindari. Hal tersebut membuat efek positif akan sepenuhnya terasa ketika menjalankan olahraga untuk meningkatkan kecepatan.

Exit mobile version